Sebanyak 300 Penonton Festival Air Tewas Karena Panik

Korban Festival Air KambojaLebih dari 300 orang tewas setelah kepanikan terjadi pada acara festival air di Kamboja, Senin (22/11/2010) malam. Perdana Menteri Hun Sen mengatakan, ratusan orang lainnya terluka pada acara yang berlangsung di Pulau Pitch Koh. Kala itu, kerumunan orang panik dan terjatuh dari jembatan yang menghubungkan pulau tadi dengan daratan Kamboja.

Aparat berwenang memperkirakan, lebih dari 2 juta orang mungkin menghadiri acara selama tiga hari tersebut. Acara ini memiliki daya tarik utama berupa perlombaan perahu tradisional sepanjang Sungai Tonle Sap. Perlombaan itu berakhir pada sore hari.

So Cheata, penjual minuman ringan, mengatakan, peristiwa itu berawal ketika 10 orang jatuh pingsan. Dia mengatakan, peristiwa 10 orang pingsan itu kemudian berubah menjadi kepanikan sehingga banyak orang terinjak-injak. Sebagian orang kemudian meringkuk di sebuah jembatan yang sangat penuh orang. Kondisi ini menyebabkan orang-orang saling tindih atau melompat dari jembatan. So Cheata mengatakan, dia kemudian melihat ratusan orang luka-luka tergeletak di tanah.

Sementara itu, seorang pegawai Rumah Sakit Calmette mengatakan, 17 jenazah sudah dibawa dari tepi sungai. Polisi dan aparat terkait tidak bersedia menjelaskan hal ini lebih lanjut karena sedang sibuk menyelamatkan korban luka.

Sebagai gambaran, Kamboja merupakan salah satu negara di kawasan miskin dan memiliki sistem kesehatan yang terbelakang serta rumah sakit yang hampir tidak mampu melayani kebutuhan harian.

Hasil Pencarian:

FESTIVAL AIR, festival air kamboja, kerumunan panik, kerumunan orang, kerumunan orang panik

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

Copyright © 2010 Neng Rina . Powered by Wordpress